Kenapa Mata Uang Rupiah Lebih Kecil Nilainya di Bandingkan Dengan Dollar?

1 min read

Muhammad Farhan Maulana (STEI SEBI)

Nilai mata uang dan perbandingan dengan mata uang Internasional yaitu Dollar Amerika, merupakan acuan pertumbuhan ekonomi suatu negara.  Kurs atau nilai tukar merupakan salah satu hal penting yang ada dalam perekonomian Negara, dimana Negara tersebut melakukan perdagangan Internasioanl dengan Negara lainnya dalam bentuk ekspor dan impor.  Peran utama kurs yaitu terletak pada mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya.  Nilai tukar itu sendiri merupakan harga sebuah mata uang suatu negara yang diukur dan dinyatakan dengan mata uang negara lain.  Sejak diterapkannya sistem nilai tukar mengambang bebas (free floating exchange rate system), posisi nilai rupiah terhadap mata uang asing khususnya Dollar Amerika ditetntukan oleh kekuatan pasar. 

Saat ini nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dollar AS pada Senin, 4 Maret 2023 ditutup turun menjadi Rp. 15.742 per Dollar Amerika akibat kenaikan Inflasi di Indonesia.  Nilai tukar rupiah terhadap Dollar diperkirakan akan melemah dalam waktu yang lama.

Kenapa Dollar selalu menguat dan Rupiah melemah??

Karena permintaan mata uang Rupiah itu rendah, sehingga kalah dengan mata uang lainnya.  Sedangkan nilai mata uang Dollar itu bisa tinggi karena permintaan nya meningkat.  Bisa dilihat dari banyaknya orang yang menukar Rupiah ke Dollar, otomatis permintaan uang Dollar jadi tinggi, itulah yang menyebabkan mata uang Dollar menguat atau tinggi.  Begitu sebaliknya jika kalau pemilik Dollar banyak yang menukar ke rupiah, tentunya rupiah akan menguat.

Ketika Indonesia lebih banyak membeli barang dari luar negri daripada menjual branng ke luar negri, nilai mata uang Rupiah akan cenderung melemah.  Kenapa bisa melemah? Ketika kita membeli barang dari Amerika contohnya, tentu kita transaksinya menggunakan dollar.  Pada saat kita membayar menggunakan rupiah Bank akan mengkonversi rupiah menjadi dollar. Artinya permintaan dollar semakin banyak dan dollar akan meningkat, nah itulah yang menyebabkam dollar menguat dari rupiah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan nilai tukar rupiah melemah, yaitu :

1. Menguatnya Ekonomi Amerika Serikat

Tentunya kita tahu bahwa Amerika Serikat merupakan negara Adidaya yang sangat kuat.  Menteri Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan melemahnya rupiah disebabkan oleh menguatnya perekonomian Amerika Serikat.

2. Suku Bunga Tinggi

Suku bunga tinggi di Amerika Serikat juga menjadi pemicu melemahnya nilai mata uang rupiah terhadap dollar. 

3. Situasi Politik

Situasi politik kemarin pada saat pemilu 2024 juga menjadi penyebeb melemahnya rupiah.  Analisis mata uang Lukman Leong mengatakan pelemahan rupiah dipicu oleh khawatirnya investor menjelang pemilu ini.  Lukman mengatakan investor khawatir apabila terjadi perpecahan  dan ketidakstabilan politik menjelang pemilu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.