Manajemen Resiko Penjual Kebab di Daerah

1 min read

Penjualan kebab di daerah Curug Bojongsari menawarkan peluang yang menarik, namun seperti bisnis lainnya, juga melibatkan sejumlah risiko. Manajemen risiko yang efektif dapat menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan yang mungkin muncul. Setiap bisnis atau kegiatan yang di lakukan seseorang maupun kelompok pasti memiliki resiko sendiri baik di lingkungan internal  maupun lingkungan eksternal.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah manajemen risiko yang dapat membantu pemilik bisnis kebab di daerah Curug Bojongsari mengoptimalkan kinerja penjualan mereka.

Ada beberapa resiko yang harus di perhatikan pebisnis  Kebab di Curug Bojong Sari :

  1. Lingkungan

Lingkungan merupakan hal yang sangat penting bagi pebisnis karna lingkungan dapat berpengaruh bagi suatu entitas kegiatan. Mulai dari risk-management philosophy, integrity, risk-perspective, risk-appetite (penerimaan risiko), ethical values.

  • Fluktuasi permintaan konsumen

Dalam menghadapi fluktuasi permintaan konsumen, pebisnis harus jeli serta akan update akan suatu informasi. Guna untuk memantau tren lokal dan menyesuaikan menu atau strategi penjualan secara tepat waktu. Dengan cara melakukan inovasi dalam penawaran menu atau paket promosi untuk menarik pelanggan di daerah tersebut.

  • Resiko persaingan

Pebisnis harus melihat dulu resiko usaha yang dia dirikan apakah usaha tersebut mempunyai peluang yang banyak atau justru tidak sama sekali. Karna kalau di suatu tempat pebisnis lain melakukan bisnis yang sama itu persaingan yang bakal terjadi semakin ketat. Sebab bisa merugikan antar salah satu pihak.

  • Pemilihan tempat

Dalam mendirikan usaha tempat atau lokasi bisnis harus di pikirkan secara benar, tidak mungkin suatu bisnis di dirikan di tempat yang bukan semestinya. Misalnya seseorang mendirikan bisnis kebab di daerah perkebunan. Dan itu tidak memungkinkan suatu bisnis itu di jamin penjualan nya akan naik.

Dengan adanya manajemen resiko pebisnis juga harus bisa melihat persaingan dengan pedagang kebab lainnya, pemilik bisnis dapat melakukan analisis mendalam terhadap pesaing lokal. Dengan memahami kekuatan dan kelemahan pesaing, bisnis kebab dapat mengembangkan strategi yang membedakan mereka, seperti penawaran unik atau kualitas produk yang lebih baik.

Manajemen risiko juga dapat melibatkan diversifikasi pendapatan. Selain penjualan kebab di tempat, pemilik bisnis bisa mempertimbangkan layanan pengiriman atau penjualan secara daring. Ini dapat membantu meredam risiko terkait fluktuasi lalu lintas pelanggan di lokasi fisik.

Ketidakpastian selalu merupakan bagian dari dunia bisnis. Oleh karena itu, penting untuk memiliki rencana darurat yang terperinci, yang mencakup langkah-langkah respons terhadap peristiwa tak terduga. Selain itu, mempertimbangkan asuransi bisnis yang mencakup risiko tertentu, seperti kerusakan properti atau tanggung jawab produk, dapat memberikan perlindungan finansial yang diperlukan.

Karna pada konteks nya semua kegiatan atau pun aktivitas yang di lakukan pasti memiliki resiko. Maka dari itu ketika sebuah resiko yang di pertimbangkan gagal maka lakukan kan review maupun evaluasi terhadap apa yang di rencanakan di awal agar mengurangi kegagalan resiko.

Penulis : Azzammudin Ilham (Mahasiswa STEI SEBI)

Zakat sebagai Sistem Keberlanjutan dalam Ekonomi…

Zakat, sebagai salah satu pilar Islam, memiliki potensi besar dalam menciptakan sistem ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Secara historis, zakat bertujuan untuk mendistribusikan kekayaan...
Aurelia
1 min read

Akuntansi Syariah: Prinsip, Penerapan, dan Tantangannya

Oleh Razanah Taufik (Mahasiswi STEISEBI) Akuntansi syariah adalah sistem akuntansi yang dirancang berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Prinsip ini meliputi pelarangan riba (bunga), gharar (ketidakpastian),...
Endah Nawal
2 min read

Pilihan antara Karier dan Keluarga: Perspektif…

Bagi banyak Muslimah, memilih antara karier dan keluarga bisa menjadi keputusan yang rumit dan penuh pertimbangan. Di satu sisi, ada keinginan untuk mencapai kesuksesan...
Aulia
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.