Bahagia Adalah Pilihan Kita

1 min read

Dalam menjalani kehidupan di dunia, banyak sekali manusia yang merasa terpuruk karena cobaan dan berbagai kegagalan didalam perjalannya, sehingga membuat manusia tersebut berpikir bahwa adanya ketidakadilan dan merasa terasingkan karena kegagalan. Bahkan tak jarang, banyak manusia yang memilih untuk mengakhiri hidupnya karena ia merasa hidup nya tidak sesuai dengan rencana nya. Padahal jika kita ambil sisi positif nya, kegagalan itu merupakan upaya kita agar bisa menjadi lebih baik kedepan nya. Dengan kegagalan membuat kita dapat mengetahui letak kesalahan yang dilakukan sebelumnya sehingga bisa memberikan perubahan bahkan peningkatan dari sebelum nya.

Hidup juga hakikatnya tidak selalu bahagia, pasti ada saatnya kita merasa sdih dan kecewa. Namun, kebahagiaan itu adalah pilihan kita. Pilihan bagi orang-orang yang mau bahagia. Jika kita bisa selalu bersyukur dan mengambil hikmah dari setiap hal yang terjadi sudah dapat dipastikan kita menjadi bagian dari orang yang bahagia. Tak ada salahnya untuk mengeluh dan menangis. Namun, yang harus kita tahu bahwa berlsrut larut dalam hal yang negatif itu tidak baik. Maka dari itu kita harus terus bangkit dan membuktikan bahwa kita mampu untuk melewati semua ujian dunia ini. karena dengan begitu, keberhasilan yang kita raih dari berbagai kesulitan-kesulitan akan menjadi kebanggan tersendiri, bahwa yang terjadi hari ini adalah buah dari kesabaran, usaha, dan doa yang tiada henti.

Defini bahagia setiap orang tentunya berbeda. Dengan melakukan hal-hal yang disukai juga dapat memberi kebahagiaan, saling memberi, berkumpul dengan orang-orang baik, dan lain-lain. Dan satu hal, berbagilah dengan orang lain yang kita percaya disetiap rasa dan berjuanglah bersama, karena itu merupakan salah satu cara agar kita tidak selalu merasa di dunia ini hanya tentang kesedihan. Kita bisa fokus belajar, bekerja atau melakukan kegiatan positif yang bisa menambah kemampuan dan kualitas diri, misalnya, dengan mengikuti berbagai seminar, organisasi dan hal hal lain yang dapat mengasah diri kita menjadi lebih baik.

Ada banyak orang yang tidak memiliki banyak kemampuan, namun ia dapat bermanfaat dengan sedikit yang dimiliki, maka begitupun kita, sekecil apapun kemampuan, jadilah orang bermanfaat dan mengembangkannya, menjadi seseorang yang mampu diandalkan dan bermanfaat dikala orang lain membutuhkan adalah suatu kebahagiaan yang membangun, maka jangan lelah berbagi dan bersyukur.

Perjalanan masih panjang. Jangan mudah lelah dan menyerah. Karena hidup itu penuh perjuangan.

Ditulis oleh: Aida luthfiah (Mahasiswi STEI SEBI)

Maqashid Syariah: Menggali Makna dan Implikasinya…

Muhammad fadhil Nurhidayat (STEI SEBI) Maqashid Syariah adalah konsep dasar dalam hukum Islam yang mengeksplorasi tujuan-tujuan atau maksud-maksud dari hukum Islam itu sendiri. Dalam...
Aisyah Yunita
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.