Manajemen Strategi Dalam Penjualan

1 min read

Manajemen strategi adalah proses dalam pengambilan keputusan, menerapkan tindakan dan mengevaluasi hal apa saja yang sudah dilakukan secara baik agar bisa mencapai tujuan jangka panjang perusahaan.  Setiap orang memiliki perencanaan untuk mencapai sebuah tujuannya dengan kita menerapkan manajemen strategi maka apa yang ingin dicapai akan terarah.

Dalam dunia perbisnisan atau perusahaan pasti memerlukan bagaimana cara mengelola, mengatur dalam perusahaan tersebut untuk mencapai dalam sebuah tujuan yang efektif. Dengan melakukan manajemen strategis maka akan berjalan dengan apa yang diingin di capai dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Berikut cara untuk melakukan manajemen strategis dalam penjualan :

  1. Pahami target pembeli, kita harus mengetahui terlebih dahulu siapa pelanggan kita, siapa costumer kita, kemudian apa yang mereka butuhkan produk apa yang mereka butuhkan. Dengan memahami target pembeli kita bisa menjalankan bisnis kita dengan efektif dan berjalan dengan baik.
  2. Menggunakan media sosial, di era sekarang maraknya media sosial apalagi bisnis di dalam dunia maya dan itu akan mengembangkan bisnis kita produk kita juga akan menjadi luas, orang-orang akan mengetahui apa yang kita jual. Maka itu sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis maupun perusahaan.
  3. Tempat atau lokasi yang baik, seorang pembisnis tidak semaunya menempatkan tempat untuk penjualannya. Dengan kita mengetahui tempat yang baik untuk membangun usaha kita harus tau tempat yang bagus dimana supaya orang-orang produk apa yang kita jual dan jangkauannya juga luas untuk para pembeli.
  4. Kerja sama dengan influencer, sudah tidak asing lagi dengan influencer dimana semua orang dalam usahanya banyak sudah bekerja sama dengan influncer. Influencer tersebut membantu kita untuk meningkatkan penjualan kita yaitu dengan menyebarluaskan produk kita, memberikan informasi yang luas dan menyapaikan produk kita bahwa produk kita itu bagus.
  5. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, sebuah perusahaan atau pun bisnis harus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan karena ini sangat berpengaruh pada bisnisnya. Dengan kepercayaan yang kita jalankan dengan pelanggan bahwa produk atau apapun itu yang kita pasarkan kepada pelanggan harus diinformasikan agar pelanggan dapat mengetahui kelebihan dalam sebuah produk.
  6. Menjalankan kemitraan Bisnis, yaitu mencari mitra bisnis yang dapat saling menguntungkan dan melakukan kolaborasi pemasaran bersama. Dimana kita dapat melakukan pertukaran iklan bisnis yang terkait, seperti mengadakan acara bersama atau saling memberikan rekomendasi yang saling menguntungkan dalam sebuah bisnis

Ditulis oleh: Fiskiatul Ula (Mahasiswi STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.