Pentingnya Manajemen Resiko dalam kesuksesan Bisnis

3 min read

Di masa yang tidak pasti dan serba cepat ini, kemampuan perusahaan untuk mengelola risiko menjadi penting, terutama untuk tetap kompetitif di pasar. Manajemen risiko yang baik membantu perusahaan bereaksi lebih spesifik terhadap tantangan masa depan. Sebaliknya, manajemen risiko yang tidak berjalan maksimal dapat mengakibatkan kejadian fatal yang dapat membahayakan kelangsungan hidup perusahaan.

Manajemen risiko merupakan proses yang tidak dapat diabaikan dalam dunia bisnis. Setiap bisnis, besar atau kecil, menghadapi risiko yang dapat muncul dan mempengaruhi keberhasilannya. Artikel ini mengeksplorasi mengapa manajemen risiko sangat penting untuk kesuksesan bisnis dan bagaimana penerapannya dapat membantu organisasi mengurangi dampak negatif risiko dan memanfaatkan peluang. . 

Untuk memahami pentingnya kepemimpinan, dapat kita lihat dari  beberapa pendapat ahli tentang kepemimpinan itu sendiri Menurut Mary Parker Follet (1997), manajemen adalah seni menyelesaikan sesuatu oleh orang, manajemen adalah seni menyelesaikan sesuatu dengan orang lain. Menurut Ismail Solihin, manajemen adalah “proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan dan pengarahan berbagai sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

Menurut Siswanto, manajemen adalah seni dan ilmu merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, memotivasi dan mengatur orang-orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan. Itulah berbagai jenis definisi dari para ahli di atas, , dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah proses pencapaian tujuan organisasi secara efektif dengan merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengarahkan sumber daya organisasi untuk mencapai hasil. (Basuki, 2019)

Di Era saat ini manajemen resiko menjadi sangat penting. Salah satu contohnya yaitu risiko organisasi yang saat ini  menjadi semakin kompleks karena globalisasi yang cepat. Risiko baru perlahan bermunculan, yang sering dikaitkan serta diakibatkan oleh meningkatnya penggunaan teknologi digital. Perubahan iklim ini disebut sebagai “pengganda ancaman” oleh paka risiko. Akhir-akhir ini, banyak perusahaan menghadapi risiko eksternal berupa masalah rantai pasokan, terutama pada saat pandemi virus corona.

Dalam dunia bisnis yang lebih khusus , dalam manajemen risiko perusahaan memegang peranan yang sangat sentral dalam pembangunan yang  berkelanjutan dalam suatu perusahaan. Manajemen risiko membantu perusahaan tetap stabil dan bahkan meningkatkan kinerjanya. Secara umum, penerapan manajemen risiko menetapkan prosedur untuk menghadapi ancaman dan meminimalkan serta mengelola efek negatif. Sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dalam pengembangan bisnis ke depan. Di bawah ini adalah gambaran lain dari manfaat manajemen risiko, yaitu: 

  • Menciptakan lingkungan yang aman untuk semua karyawan dan pelanggan.
  • Meningkatkan stabilitas bisnis perusahaan.
  • Membantu perusahaan memecahkan tantangan bisnis.
  • Melindungi perusahaan dari potensi kerugian.
  • Melindungi sumber daya manusia dan aset yang terkait dengan risiko pekerjaan.
  • Mempromosikan efektivitas kebutuhan asuransi.
  • Pastikan bahwa semua peraturan dan ketentuan berlaku.

Dengan manajemen risiko yang efektif, perusahaan dapat mengurangi dampak negatif risiko terhadap bisnisnya. Ini membutuhkan pembuatan rencana perbaikan yang tepat untuk mengatasi risiko yang teridentifikasi. Misalnya, jika risiko yang teridentifikasi adalah bencana alam, perusahaan dapat mengambil tindakan perlindungan seperti asuransi yang memadai atau perencanaan kelangsungan usaha untuk meminimalkan kerugian. Manajemen risiko juga membantu perusahaan mengidentifikasi peluang yang dapat dimanfaatkan. Setiap risiko adalah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, dengan mengidentifikasi peluang ini, perusahaan dapat merencanakan tindakan untuk memanfaatkannya secara efektif dan mendapatkan keunggulan kompetitif. Manajemen risiko membantu manajer bisnis membuat keputusan yang lebih tepat. 

Dengan pemahaman yang jelas tentang risiko yang mereka hadapi dan dampaknya, manajer dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam organisasinya. Anda dapat mengevaluasi alternatif, memprioritaskan tindakan, dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien. Manajemen risiko yang baik merupakan faktor penting dalam menjaga kelangsungan usaha. Dengan mengurangi dampak risiko negatif dan memanfaatkan peluang, bisnis dapat bertahan dan berkembang dalam jangka panjang. Perusahaan yang tidak menerapkan manajemen risiko yang tepat berisiko jatuh ke dalam krisis dan bahkan gagal tiba-tiba. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa manajemen risiko sangat penting untuk kesuksesan bisnis yaitu :

  1. Identifikasi potensi risiko.
  2. nilai dan prioritaskan risiko.
  3. kurangi potensi kerugian.
  4. raih peluang.
  5. buat keputusan yang lebih baik.
  6. tingkatkan reputasi dan kepercayaan. 

Kesimpulan dari artikel ini berkaitan dengan pentingnya manajemen risiko untuk kesuksesan bisnis, yaitu bahwa manajemen risiko merupakan bagian penting dari kesuksesan bisnis. Artikel ini menekankan prioritas untuk melindungi organisasi dalam manajemen resiko terhadap potensi ancaman dan kerugian. Hasil keseluruhan  Dari diskusi manajemen risiko dapat mengatasi masalah dalam bisnis seperti tantangan yang kompleks dan tidak dapat diprediksi secara keseluruhan adalah sebuah bukti nyata yang menggambarkan ke efektifan manajemen risiko.

Manajemen risiko meliputi tahap atau lingkup pengidentifikasian, pengendalian serta penilaian dalam risiko yang dapat memengaruhi sasaran sebuah bisnis. Risiko dapat muncul dalam sebuah lingkungan yang dinamis, selain itu risiko juga dapat diketahui dari berbagai sumber, seperti perubahan regulasi, fluktuasi pasar, gangguan teknologi, atau ancaman keamanan.

Pendekatan yang membantu mengelola risiko dalam suatu organisasi adalah pendekatan sistematis yang berfungsi untuk mengantisipasi dan merespons perubahan dengan lebih baik. Salah satu manfaat terpenting dari manajemen risiko yang efektif adalah perlindungan terhadap kerugian finansial. Dengan mengidentifikasi dan menilai potensi risiko, perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk mengurangi dampak negatifnya. Ini membutuhkan pengembangan strategi manajemen risiko yang mencakup lindung nilai, diversifikasi aset, atau menggunakan kontrak untuk melindungi kepentingan perusahaan. Manajemen risiko juga meningkatkan kepercayaan di antara pemangku kepentingan bisnis. Investor, pelanggan, dan mitra bisnis cenderung mempercayai perusahaan dengan proses manajemen risiko yang lengkap.

Ini memberi perusahaan jaminan bahwa mereka mengelola risiko dengan benar, meminimalkan ketidakpastian, dan melindungi nilai aset mereka. Penting untuk diingat bahwa manajemen risiko bukanlah upaya satu kali, tetapi upaya berulang. Dalam manajemen risiko, organisasi juga harus terus memantau, mengevaluasi, dan memperbarui strategi manajemen risikonya seiring dengan perubahan lingkungan operasi.

Dengan tantangan yang semakin kompleks dan tidak dapat diprediksi, manajemen risiko menjadi semakin penting untuk kelangsungan dan kesuksesan bisnis. Secara keseluruhan, manajemen risiko merupakan bagian penting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Banyak cara dan upaya untuk mengelola dan mengidentifikasi manajemen risiko secara lebih baik salah satunya yaitu dengan menjaga keutuhan sebuah perusahaan dari kerugian, lebh mengedepankan manfaat dari sebuah peluang, dan menciptakan berbagai cara untuk membangun sebuah kepercayaan yang mengutamakan kepentingan dari perusahhaan.

Sehingga dalam dunia perbisnisan akan lebih mudah untuk mencapai sebuah tujuan yang memang sejak awal menjadi tolak ukur dalam perusahaan yag sedang dijalankan sehingga terbilang keefektifan sebuah manajemen risiko dalam suatu bisnis.

terima kasih telah membaca tulisanku kalau kamu suka bisa bantu share ke temen kalian ya 🙂


Penulis : Neng Zahra Regina

Mahasiswa STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.