Startup (Pengertian,Ciri-ciri,PerkembanganStartupdiIndonesiadanContohnya)

2 min read

PengertianStartup
1. Startup adalah istilah yang mengacu pada fase pertama operasi perusahaan.Startup adalah perusahaan yang didirikan oleh satu atau lebih pengusaha yang inginfokusmengembangkanprodukdanlayananyangdiyakiniolehpendiriakanmemenuhikebutuhan pasar, sehingga mereka berusaha untuk mengembangkan bisnisnya menjadittidakterganti bagi seorang pelanggan.
Tujuan Startup adalah berakar pada inovasi untuk memperbaiki kesenjanganproduk yang ada atau menciptakan produk atau layanan yang sama sekali baru, danbiasanyastartupakanmembutuhkanbanyakmodalpadasaatbermulanya.Untukmemenuhi kebetuhan tersebut biasanya hal yang paling lumrah dilakukan orang yangbermain dalam fase ini adalah investor atau modal ventura. Investor adalah sorangpemilik modal yang besar, startup merupakan bisnis yang sangat beresiko karenakebutuhandanayangbesar tidaksesuaidenganpendapatan yangbesar.
Startup adalah salah satu bidang industri kreatif yang paling berpengaruh, danstartup juga melayani bidang industri kreatif lainnya sebagai agregator yang mampumemperluaspasar(Ginantraetal.,2020).Sangatjelasbahwastartupmemilikidampakbesar pada industri kreatif. Startup merupakan salah satu bidang industri kreatif yangmemberikandampaksignifikan,denganpertumbuhanhanyadalambeberapatahundanvaluasi mencapai triliunan rupiah. Misalnya, Go-dalam kurun waktu 3-4 tahun bisamencapaivaluasi US$ 1,2 miliar.
Situasi ini menjadikan startup tidak dapat disangkal lebih signifikan daripadaberbagai bidang ekonomi kreatif lainya. Terlebih lagi, starup dapat menjadi pembantupertumbuhan ekonomi kreatif lainnya. Misalnya, ada Qlapa yang merupakan pusatkomersial untuk karya seni, kemudian Kravasia yang menjual batik, dll. MungkinstartupSoundclouddiluarnegeriyangmembantubanyakmusisiindiemempublikasikankaryalagumereka.Olehkarenaitu,Startupdapatmembukapeluangpasaryang besar bagi pelaku ekonomi kretaif lainya.

DalamranahstartupdaninkubatorbisnisdiIndonesiaperangkatmanajemenDesign Thinking (DT) mulai dikenal meluas, menyusul popularitas Business ModelCanvas(BMC)danBalancedScorecard(BSC)yangtelahluasdigunakanlebihdahulu.
SecarasederhanaDTdiartikansebagai“caraberpikirseorangperancangataudesigner”(Brown,2008).PendekatanDesignThinkinglebihbanyakdigunakansebagaiperangkatmanajemendalampemecahanmasalah(problemsolving)daninovasiproduk.Pendekatan yang bersifat human-centered seperti Design Thinking dirasakan lebihsesuai sebagai kerangka berpikir bagi penyelesaian masalah yang dihadapi manusia(human)sekaligusmenciptakanprodukataujasasebagaisolusinya.erikerangkaanalisisyang lebih teliti.
PraktisibisnisteknologidanpenulisRies(2011)menampilkanmodellaindalambukunya The Lean Startup yang berbentuk proses melingkar dan bersambung: Ideas-Build-Product-Measure-Data-Learn-Ideas
Gambar1.ModelBuild-Measure-LearnFeedbackLoop
Ekonomikreatifadalahtindakanekonomidimanainputdanoutputadalahsuatuide gagasan (Sari et al., 2020). Hanya dengan modal pemikiran, seseorang yang kreatifsudah bisa dikatakan ikut ambil bagian dalam ekonomi kreatif dan bisa mendapatkanpendapatanyang cukup besar dari pemikiran tersebut.
Startup ini merupakan hal baru dalam bisnis di Indonesia. Secara konsisten,mungkinsetiapbulanadabanyakstarupbarudariberbagaijenisdankalangandibidang

ekonomi kreatif. Sampai akhir ini yang dirasakan, ada banyak sekali startup baru lokaldiIndonesia.Sebagaisalahsatuciribisnisinovatif,kehadiranstartupmemainkanperanpenting dalam perekonomian suatu negara. Starup dapat memberikan perusahaan yangberkualitasdan memilikiefek positifdengan menanganimasalah dimatapublik.
2. Ciri-ciriStartup
Berikutinimerupakanciriyangpalingdominandalambisnismodelstartup:
Inovasi, Salah satu perbedaan besar antara startup dan usaha kecil terletakpadainovasiprodukataulayanan.Usahasemacamgalondanwarungmakanbiasanya tidak memeberikan keunikan yang luar biasa. Dalam berbisnisStartup hanya satu hal yaiu meikirkan apa yang diluar sana dan mendorongminatpelanggan.
Pasar,Berbedadenganstartup,perusahaaninitidakmembatasipertumbuhannya danfokus untuk memanfaatkan pasaryangada.Olehkarena itu, kembali ke poin pertama, inovasi penting bagi startup untukmengembangkanpasar dan memenangkanpertarungan bisnis.
Tingkat Pertumbuhan, Ketika kamu memulai bisnis, maka harian adalahuntukmenjagatimpermainanagartetaprapih,adapuntingkatpertumbuhaninilahyang bisajuga menjadi batu loncatan kemudian.
MencariInvestor,dikarenakankebutuhandanyangbesarmakabagistartupmencari investor yang memberikan banyak keuntungan bisnis. Selain daripada menjaga kestabilan bisnis agar dapat berjalan sesuai dengan yangdiharapkan.

3. PerkembangandanContohStartup
Indonesia merupakan negara dengan potensi pasar yang besar. Dari perspektifmasyarakat konsumen, berbagai perusahaan start-up telah masuk ke Indonesia untukmendapatkan keuntungan dan peluang pasar yang lebih banyak. Sudah jelas bahwabanyak startup di dunia, seperti Netflix dan HOOQ, mulai menyerbu Indonesia. DapatdilihatdenganjelasbahwabanyakperusahaanstartupdariseluruhduniamulaimemasukiIndonesia,misalnya HOOQdanNetflix.
TransportasionlinesepertiGrabyangmelakukanekspansibesar-besaransesudahmembacapotensibisnisterbukakarenafenomenaGoJek,fiturmusikatau

layanan streaming musik seperti Deezer dan Spotify, serta layanan komunikasi sepertiWhatsapp,danberbagailayananlainyaperusahaanstartup.Startuptidakhanyaberkembang di negara maju, tetapi startup juga mulai masuk di negara berkembangseperti di Indonesia yang sangat pesat akhir-akhir ini. Peningkatan startup yang palingterkenaliniditandai denganhadirnyalayanan transportasionlineyaitu Go-Jek.
GoJek menunjukkan bahwa startup dapat memulai dengan menciptakan pasarsendiri dengan menyediakan media antara pengguna dan pengembang sebagai mitra,daripadamemulaidenganmemasukipasar.Karenafenomenainidanpasaryangdibentuk oleh GoJek, banyak pesaing dalam dan luar negeri yang mencoba memasukipasar ini. Misalnya, GrabBike dan Uber baru-baru ini mengembangkan fitur layananbarubernamaUberMOTORyang diharapkanmampubersaing denganGojek.
Startup adalah salah satu bidang industri kreatif yang paling berpengaruh, danstartup juga melayani bidang industri kreatif lainnya sebagai agregator yang mampumemperluas pasar. Sangat jelas bahwa startup memiliki dampak besar pada industrikreatif.Startupmerupakansalahsatubidangindustrikreatifyangmemberikandampaksignifikan, dengan pertumbuhan hanya dalam beberapa tahun dan valuasi mencapaitriliunan rupiah.
Misalnya, Go-dalam kurun waktu 3-4 tahun bisa mencapai valuasi US$ 1,2miliar. Situasi ini menjadikan startup tidak dapat disangkal lebih signifikan daripadaberbagai bidang ekonomi kreatif lainya. Terlebih lagi, starup dapat menjadi pembantupertumbuhan ekonomi kreatif lainnya. Misalnya, ada Qlapa yang merupakan pusatkomersial untuk karya seni, kemudian Kravasia yang menjual batik, dll. MungkinstartupSoundclouddiluarnegeriyangmembantubanyakmusisiindiemempublikasikankaryalagumereka.Olehkarenaitu,Startupdapatmembukapeluangpasaryang besar bagi pelaku ekonomi kretaif lainya.

DaftarPustaka
Ries,E.2011.TheLeanStartup:HowToday’sEntrepreneursUse
Sri Ermawati, Putri Lestari. (2022) Pengaruh Startup Sebagai Digitalisasi BagiEkonomiKreatif Di Indonesia(DiaksesPada19Mei 2023)
Brown,T.2008.DesignThinking.HarvardBusinessReview.June2008Issue.
Herawan,JOBSVol.5,No.2,Des.2019,p103-114114
Chang, Y.J., Kim, J., and Joo, J. 2013. An Exploratory Study on the EvolutionofDesignThinking:ComparisonofAppleandSamsung.DesignManagementJournal,Volume8, Issue1,pp. 22-34.
De Bonis, S. and Belfils, S. 2014. A New Era at IBM. World Usability Day2014.IBM.
2016.IBMDesignThinkingFieldGuide.IBMCorporationV3.3.
Liedtka,J.2018.WhyDesignThinkingWorks.HarvardBusinessReviewSeptemberOctober2018Issue, pp.72-79
Faiza, A., & Firda, S. J. (2018). Arus metamorfosa milenial. Penerbit Ernest.Farid,M.B.,&Daryanti,S.(2017).StartUpEnterpriseSebagaiInovasi
KelembagaandanKewirausahaandalamBidangEkonomiKreatifBerbasisMedia
Digital(Studikecenderungandankemampuangolonganmudadalammembuatsistemperusahaanrintisan di
Kota Depok, Jawa Barat)[Skripsi, Universitas GadjahMada].http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/130434
Ginantra, N. L. W. S. R., Simarmata, J., Purba, R. A., Tojiri, M. Y., Duwila, A.A.,
Siregar,M. N.H.,Nainggolan,L.E.,Marit,E.L., Sudirman,A.,&Siswanti,I.(2020).TeknologiFinansial:SistemFinansialBerbasisTeknologidiEraDigital.YayasanKitaMenulis.
Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi industri 4.0 di tengah society 5.0:sebuahintegrasiruang,terobosanteknologi,dantransformasikehidupandieradisruptif.Anak Hebat Indonesia.
Haryanto,A.(2021).Startup Adalah-Pengertian,ContohnyadanTipsMemulaiBisnis

Startup.JOJONOMIC.https://www.jojonomic.com/blog/startup-adalah/
Lasono,I.N.(2021).DigitalisasiJadiAnginSegaruntukSektorEkonomiKreatif.Kompas.Com.
Setianto,B.(2020).KenalilebihdekatAngelInvestordanpersiapkanstartupandamenuju sukses.BSKCapital.
Sugiyono.(2017).MetodePenelitianPenelitianKuantitatif,KualitatifdanR&D.In Bandung:Alfabeta.
Utoyo,I.(2016).SilliconValleyMindset:Membangunekosistemstartupdigitalindonesia.GramediaPustakaUtama.
Zainal,F.,&Anuar,H.(2021).SisiGelapMediaSosial.Bibliotheca

Zakat sebagai Sistem Keberlanjutan dalam Ekonomi…

Zakat, sebagai salah satu pilar Islam, memiliki potensi besar dalam menciptakan sistem ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Secara historis, zakat bertujuan untuk mendistribusikan kekayaan...
Aurelia
1 min read

Akuntansi Syariah: Prinsip, Penerapan, dan Tantangannya

Oleh Razanah Taufik (Mahasiswi STEISEBI) Akuntansi syariah adalah sistem akuntansi yang dirancang berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Prinsip ini meliputi pelarangan riba (bunga), gharar (ketidakpastian),...
Endah Nawal
2 min read

Pilihan antara Karier dan Keluarga: Perspektif…

Bagi banyak Muslimah, memilih antara karier dan keluarga bisa menjadi keputusan yang rumit dan penuh pertimbangan. Di satu sisi, ada keinginan untuk mencapai kesuksesan...
Aulia
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.