Manajemen Waktu adalah Kunci Sukses

2 min read

Keberhasilan, produktivitas, kepuasan, dan kesejahteraan bergantung pada seberapa baik Anda mengelola waktu . Sebenarnya, manajemen waktu itu seperti manajemen hidup.

Ini adalah bakat penting untuk dikembangkan dalam kehidupan profesional dan pribadi kita. Ini bukan tentang bekerja lebih lama; ini tentang menjadi lebih produktif, fokus pada hasil, dan puas dengan pekerjaan Anda.

  •   Waktu adalah inti dari kehidupan

Akan lebih baik jika Anda selalu mengingat hal ini: bagaimana kita menghabiskan waktu mencerminkan bagaimana kita hidup.

Waktu telah menjadi komoditas penting yang kita miliki. Orang yang mengatakan tidak punya uang mengeluh lebih banyak daripada mereka yang tidak punya waktu.

Jumlah waktu yang kita habiskan untuk melakukan sesuatu memengaruhi kualitas pekerjaan, hubungan, dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

  • Sumber stres yang signifikan adalah manajemen waktu yang buruk

Kurangnya waktu telah menjadi sumber stres yang signifikan dan banyak penyakit dan penderitaan di zaman kita. Segitiga jahat dari tiga kutub—tujuan, kualitas, dan waktu—mengikat kita pada batas yang tak terhindarkan: jika kita ingin meningkatkan kualitas, kita membutuhkan lebih banyak waktu; jika kita akan meminimalkan jumlah tujuan, kita perlu mengurangi jumlah tujuan. Jika kita mencoba melakukan lebih banyak hal, kualitasnya mungkin menurun, atau kita mungkin kehabisan waktu. Jumlah dan kualitas barang kami mungkin terpengaruh jika waktu kami dipersingkat.

Terlepas dari pembatasan yang jelas dan meluas ini, pekerjaan saat ini menuntut kita untuk selalu mencapai lebih banyak, lebih baik, lebih cepat, dan dengan lebih sedikit uang. Fokusnya selalu pada hasil.

  • Kenali perbedaan antara kepentingan dan urgensi

Kami tahu dari pengalaman dan penelitian bahwa dalam hal pemilihan tugas, urgensi selalu lebih diutamakan daripada kepentingan. Kami akan selalu berurusan dengan yang mendesak di atas yang penting jika kami tidak terus fokus pada prioritas kami, mengorbankan pentingnya hasil.

Orang-orang sukses menetapkan tujuan harian yang eksplisit dan memahami prioritas yang menyertainya. Berbeda dengan apa yang penting bagi kita, orang lain sering kali memutuskan urgensi, mengharuskan kita untuk melakukan tugas yang mungkin tidak kita anggap perlu. Untuk mengatur waktu kita dengan benar, tujuan kita harus dibuat dengan memanfaatkan 5 kualitas SMART: spesifik, terukur, ambisius, realistis, dan terikat waktu.

  • Hemat waktu dan buang waktu

Mengenali kapan waktu diperoleh atau hilang dapat membantu kita menjadi lebih produktif dan puas di tempat kerja.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat menghemat waktu:

  • Kantor yang tenang mendorong produktivitas. Kantor terbuka, menurut penelitian, cenderung menciptakan gangguan yang mengganggu dan memperlambat produktivitas.
  • Daftar tugas setiap bulan dan setiap hari membantu kami tetap fokus pada prioritas kami dan mengingatkan kami akan tenggat waktu. “Metode ideal untuk mengatasi penundaan adalah dengan menangani hal-hal yang sulit dan penting terlebih dahulu ketika kita paling produktif (misalnya, di pagi hari)” (Tracy, 2013).
  • Menyelesaikan pekerjaan hanya sekali : Lakukan hanya sekali jika Anda memiliki cukup waktu untuk menyelesaikannya secara menyeluruh, baik itu email, surat, dokumen, atau pesan suara.
  • Kolaborasi dan kerja tim : jika Anda memerlukan bantuan, mintalah terlebih dahulu. Jangan disesatkan oleh kesombongan; memungkinkan orang lain untuk membantu Anda.
  • Delegasi : Pemimpin sering ragu-ragu untuk mendelegasikan (“Saya satu-satunya yang dapat melakukan pekerjaan ini dengan sukses,” “Melakukannya, saya membutuhkan waktu lebih sedikit daripada menjelaskannya kepada orang lain”). Selanjutnya, mendelegasikan pekerjaan memungkinkan karyawan untuk mengembangkan kemampuan baru sambil mengurangi jadwal sibuk mereka.
  • Belajarlah untuk menyatakan “tidak penting” ketika Anda diminta untuk melakukan pekerjaan penting: membela diri sendiri dan tidak agresif atau tidak menghormati orang lain ketika Anda diminta untuk melakukan pekerjaan yang berarti.
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari untuk berpikir secara strategis, istirahat, dan mengatasi kejadian tak terduga.
  • Keseimbangan kehidupan kerja

Mungkin sulit untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi (5). Beberapa bahkan telah meninggalkan semua upaya ke arah ini, mengklaim bahwa konsep tersebut tidak nyata. Hanya di sini Anda harus mengubah ritme Anda agar tetap sehat dan produktif, menyeimbangkan pekerjaan, istirahat, olahraga, keluarga, teman, dan tidur. Selain bekerja berjam-jam, penting juga untuk mengingat aturan hasil yang semakin berkurang: semakin banyak kita bekerja, semakin tidak produktif kita! Durasi waktu yang lama tanpa istirahat adalah sama.

Sumber: https://www.completecontroller.com


Penulis : Nisrina Hafizah Husna

Mahasiswa Manajemen Bisnis STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.