KREATIFITAS DAN INOVASI

1 min read

Inovasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Kreativitas
Konsep kreativitas dan inovasi
•dari inovasi adalah otak
•kreativitas bukan sekesar bicara ia juga menghasilkan hasil, tetapi proses dari menyanbkur orang (pelaku)
•hasil kreativitas adalah sesuatu hal yang berbeda, baru dan bermakna

Batasan konsep kreativitas dan inovasi
-kegiatan menghadirkan sesuatu yang baru dan belum pernah ada sebelumnya. Hal baru tersebut harus mempunyai tambahan.
-kebermaknaan dari produk kreatif yaitu bila sesuatu yang baru dan tidak bermakna bagi kehidupan maka hal tersebut tidak termasuk kreativitas.
-produk kreativitas tidak harus sesuatu hal baru secara universal, tetapi baru bagi diri seseorang atau baru dalam lingkungannya.

contoh nya
kreativitas adalah produk dari berfikir kreatif
berfikir kreatif adalah salah satu modus berfikir divergendi (bercabang) untul menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dan bermaknda bagi lingkungan.

Tips meningkatkan kreatifitas
. Menurut Tony Buzan (1974) agar kreatif dengan “mind mapping” yaitu otak akan berlatih untuk selalu berfikir secara divergen (menyebar)
KEPO (knowing every particular object) yaitu kebiasaan akan melatih otak untuk selalu bekerja dan sel-sel neuron menjadi aktif
Brainstorming yaitu dengan metode in akan muncul daya intelegensi tinggi dan ide muncul secara tiba-tiba.
Lakukan kebiasaan dengan cara yang berbeda yaitu melakukan untuk merangsang otak kita agar tidak monoton sehingga sel-sel otak kita tidak berkembang.

Inovasi
•Inovasi adalah hasil dari kegiatan berfikir kreatif yang dimiliki oleh manusia
•Inovasi juga menciptakan sesuatu yang baru bukan dilakukan melalui penelitian yang melibatkan kemampuan berfikit kreatif dan ilmiah.

Proses inovasi
Discovery, apa sih discovery itu?? Discovery itu menemukan gagasan baru atau sesuatu yang sebelumnya tidak dikenali sebagai sesuatu yang bermakna.
Invention yaitu menemukan prinsip solusi teknis atau hal yang ditemui itu benar-benar sebelumnya belum ada, kemudian diadakan dengan hasil kreasi baru.
Application ialah perubahan dari solusi teknis
Diffusion yaitu penggunaan hasil inovasi oleh konsumen bisa disebut juga peristiwa mengalirnya atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.