3 Cara Mudah Memperkuat Imun Yang Bisa Kamu Coba!

1 min read

Cara Mudah Memperkuat Imun

Cara Mudah Memperkuat Imun Yang Bisa Kamu Coba! – Seperti yang kita ketahui bersama, wabah covid 19 belum menunjukan status meredanya hingga saat ini, bahkan kemunculan varian terbaru Omicorn dan NeoCov sedang gencar gencarnya diberitakan media masa. Lantas dengan kehadiran varian terbaru ini akhirnya kembali membuat lonjakan pasien covid di Indonesia yang sebelumnya mulai menunjukan tanda mereda kini kembali meperlihatkan kenaikan angka yang signifikan.

Cara Mudah Memperkuat Imun

Salah satu upaya untuk menangani kenaikan ini yakni dengan mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksin booster sesegera mungkin, namun ada hal lain yang sangat penting diperhatikan yang terkadang kita lupa dan akhirnya menjadi celah masuknya covid 19, yakni kewaspadaan dengan selalu memerhatikan kebersikan, terutama tangan dan juga 3 hal yang menjadi landasan penguat imun untuk mencegah penularan covid 19.

1. Memperbaiki kualitas tidur

Hampir dari banyaknya masalah kesehatan terjadi dikarenakan ketidak siapan badan kita untuk memulai hari, yakni tidak baiknya kualitas tidur. Bahkan bukan hanya kesehatan yang terganggu namun juga produktifitas yang seharusnya berjalan dengan baik akhirnya menjadi berantakan.

Tidur sendiri sangat penting untuk tubuh kita, dikarenakan fungsi tubuh akan bisa berjalan dengan baik sepenuhnya dikarenakan denga tidur yang baik, 7-9 jam adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan badan dari lelahnya menjalankan aktivitas sehari hari, maka dari itu dimulai dengan mengatur jadwal tidur yang baik, menjadi salah satu langkah yang bisa menguatkan imun, jika tubuh kita tidak siap, maka kerentanan tersebut menjadi celah yang mudah untuk penyakit penyakit masuk kedalam tubuh kita.

2. Mengontrol stres

Terkadang kita lupa dan bahkan membiarkan stres berkepanjangan, banyak yang tidak mengetahui, bahwa terkadang penyakit yang kita rasakan didalam perut atau lainnya adalah salah satu faktor yang terjadi karena kita tidak memanage stres dengan baik, memang tanpa dipungkiri perubahan mood, masalah atau apapun itu akan sangat mudah bermain main dengan kadar stress seorang manusia, disanalah dimana kita memiliki opsi atau kendali untuk membiarkan hal itu berkepanjangan atau tidaknya, memang pastinya tidak mudah, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Dan bila mana kita tidak memanagemen stress dengan baik, maka salah satu masalah yang timbul ialah menurunnya imun tubuh itu sendiri.

Dengan mengontrol kadar stres, tanpa disadari bukan hanya kesehatan mental saja yang terjaga, namun imun juga akhirnya stabil dan membuat tidak mudahnya penyakit untuk memasuki tubuh, bahkan bila kita bicara diluar imun atau kesehatan, banyak sekali manfaat dari menghindari stress, salahsatunya juga akhirnya hidup kita bisa lebih berkualitas tanpa ada beban yang mengganggu pastinya.

3. Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Asupan adalah hal penting yang mempengaruhi kestabilan tubuh, kesehatan bahkan hal hal yang mungkin tidak kita sadari. Dikarenakan asupan yang masuk akan diserap oleh tubuh, bila yang masuk adalah asupan yang baik, maka baik pulalah yang akan tubuh kita dapatkan, begitupun sebaliknya, bila asupan yang tidak baik masuk kedalam tubuh, maka tubuh akan menyerap hal yang tidak baik tersebut, yang mana imbasnya yakni dengan makanan yang kurang baik tersebut yang mungkin membawa penyakit yang dengan mudahnya memasuki tubuh, dan akhirnya terjadi kerentanan yang menyebabkan penyakit memasuki tubuh.

Salah satu cara mudah untuk menghindari hal tersebut terjadi ialah dengan memperhatikan dengan baik apa yang menjadi asupan kita sehari hari, dan salah satu hal baik yang bisa dilakukan yakni dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.

Dengan memerhatikan beberapa hal yang bisa memperkuat imun tersebut, salah satunya dengan menjaga asupan nutrisi makanan dan pastinya dengan vaksinasi yang dijalankan, makan celah penyakit untuk masuk kedalam tubuh bisa diminimalisir dengan baik.

Ditulis oleh: Fajar Ramadhan (Mahasiswa STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.