Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Herbivora

2 min read

Pengertian Hewan Herbivora

Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Herbivora – Menurut makanannya, hewan yang hidup di bumi di bagi jadi empat kelompok. Herbivora, karnivora, omnivora dan insektivora, nama ini kemungkinan tidak asing untuk telingan kita. Tapi seiring waktu berjalan, kemungkinan ada suatu hal yang terlupa mengenai permasalahan ini.

Karena itu di sini saya ajak rekan-rekan semua untuk kembali mengulang-ulang pengetahuan yang sempat kita dalami awalnya. Supaya pengetahuan yang sempat kita dalami sebelmnya tidak lenyap demikian saja. Kan sayang, sesudah belajar demikian lama, terus pengetahuan itu lenyap demikian saja, tentunya kita rugi uang, rugi waktu dan rugi tenaga.

Kesempatan ini saya sedikit akan share mengenai hewan herbivora. Dimulai dari pengertiannya, ciri-cirinya sampai beberapa contoh hewan yang terhitung dalam golongannya. Tak perlu lama-lama kembali saya akan selekasnya menerangkan hal hewan herbivora.

Pengertian Herbivora

Salah satunya pengelompokan hewan menurut dengan tipe makananya. Hewan yang terhitung dalam kelompok herbivora ialah semua hewan yang makanan intinya ialah rumput. Karena itu selainnya hewan yang makan rumput tidak dapat disebutkan sebagai kelompok hewan herbivora.

Secara umum hewan yang termasuk herbivora banyak hidup di beberapa tempat seperti padang rumput, rimba dan persawahan. Disamping itu mereka hidup dengan bergerombol dengan sama-sama macamnya. Mayoritas hewan herbivora ialah mangsa khusus hewan karnivora.

Mayoritas hewan herbivora, mereka mempunyai daging dengan rasa yang nikmat dan bisa dimakan manusia. Jadi tidak sedikit manusia yang jadikan hewan herbivora ini sebagai hewan ternak atau hewan piaraan. Karena, hewan ini banyak memiliki faedah manusia, dan hewan ini tidak beresiko untuk manusia.

Beberapa ciri Hewan Herbivora

  1. Makanan intinya ialah rumput atau dedaunan yang lain.
  2. Secara umum mereka berkembang biak secara vivipar (beranak).
  3. Umumnya kelompok hewan mamalia atau hewan menyusui.
  4. Hidup dengan bergerombol.
  5. Beberapa hewan herbivora hidup di darat, karena sumber makan mereka ada di darat.
  6. Terhitung dalam kelompok hewan yang berdarah panas
  7. Mempunyai gigi geraham yang lebar.
  8. Beberapa herbivora berkaki empat.
  9. Terhitung dalam kelompok hewan yang mempunyai tulang belakang.
  10. Banyak memiliki faedah untuk manusia.
  11. Beberapa hewan herbivora ialah mangsa dari hewan karnivora.

Contoh-Contoh Hewan Herbivora

Sesudah kita ketahui mengenai pemahaman dan beberapa ciri mengenai hewan herbivora. Sebaiknya jika kita ketahui contoh hewan yang terhitung kelompok hewan herbivora. Supaya kita dapat membandingkan di antara kelompok hewan herbivora dengan kelompok hewan lainnya,langsung contoh hewan herbivora diantaranya.

Sapi

Sapi terhitung salah satunya hewan ternak yang dari suku bovidae dan anak suku bovinae. Hewan ini lebih banyak dijadikan hewan ternak atau hewan piaraan karena banyak memiliki faedah. Dimulai dari dagingnya, susunya, kulitnya bahkan juga kotoran hewan ini dapat digunakan jadi pupuk.

Selainnya dijadikan hewan ternak, sapi dapat digunakan tenaganya untuk menolong tugas manusia. Misalkan untuk bajak sawah, menarik kereta barang, atau untuk mengusung barang bawaan. Makanan khusus sapi ialah semacam rumput atau dedaunan yang lain.

Kuda

Kuda ialah satu satu dari 10 mamalia kekinian yang dari genus equua. Hewan ini ialah hewan yang mempunyai peranan penting dalam pangangkutan barang atau manusia sepanjang beberapa ratus tahun yang lama waktunya. Disamping itu kuda salah satunya hewan yang dijadikan hewan ternak.

Baca Juga: Pengertian Hewan Omnivora

Karena hewan ini mempunyai beragam faedah seperti sapi, tapi kuda lebih digunakan tenaganya daripada daging dan susunya. Karena hewan ini populer mempunyai tenaga yang kuat dan bisa juga lari secara cepat. Pada zaman dulu kuda dipakai sebagai kendaraan perang.

Keledai

Keledai ialah hewan mamalia yang dari keluarga equidae. Keledai ialah hewan jinak yang digunakan manusia sebagai alat transportasi atau untuk menarik kereta barang. Hewan ini dapat disebutkan sebagai keluarga kuda, karena mempunyai kemiripan wujud badan.

Hal yang membandingkan di antara keledai dan kuda hanya ukuran badan ke-2 hewan ini. Keledai condong mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dan pendek dari kuda. Satu perihal kembali yang membandingkan ke-2 hewan ini, keledai jalan dengan lamban dan kuda bisa jalan secara cepat.

Demikian keterangan mengenai pemahaman, beberapa ciri dan beberapa contoh hewan herbivora. Mudah-mudahan apa yang saya tulis ini menolong dan berguna untuk rekan-rekan yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.